Bagi saya LandMark Amerika bukanlah gedung2 pencakar langit seperti tergambar dibenak saya dulu sebelum berangkat kesini. Landmark amerika sejatinya adalah Taman (ruang publik) dan Museum. Coba saja anda google “Best Place to visit in NewYork” atau kota2 lainnya, maka dalam laman pertama pencarian akan selalu muncul taman dan museum.

Taman (ruang publik) dan Museum merupakan dua kata kunci untuk memahami kebesaran sekaligus Kepongahan Amerika.

Beberapa jam lagi saya akan terbang ke New York. Disamping melepas lelah, ada hal-hal besar yang ingin saya pelajari disana.

Maka alih2 berSelfie di depan patung liberti, saya berniat mengunjungi greenwich village di Lower manhattan. Area ini dikenal sabagai ibu kota “Bohemian”, pusat nya gerakan “counter culture” atau “alternative culture” yang juga sangat kaya dengan musik, seni dan literatur. greenwich village juga kaya akan seni teater sebagai bentuk perlawanan terhadap komersialisasi broadway.

Di area ini terdapat New York University (NYU). Namun yang menarik adalah jika pusat2 intelektual lain umumnya memiliki relasi kuat dengan kampus (seperti silicon valley dengan standford) , Greenwich village malah sering ribut dengan NYU gegara berebut lahan.

Saya penasaran, apa kiranya yang menjadikan greenwich village menjadi pusat seni, intelektual dan perlawanan. Terlepas dari ideologi saya yg berseberangan dengan orang2 greenwich village pada umumnya.

********

Greenwich village hanya salah satu dari sekian banyak tempat yang memancing ketertarikan saya. Saya akan berusaha membuat tulisan tentang2 tempat yg akan saya kunjungi :

1. Metropolis museum of art

2. Rockefeller center.

3. Islamic center in New York

4. Museum of Math

5. New York Hall of science

6. New york historical society

7. Museum of modern art

8. International center of photography

9. Museum of natural history

10. Broklyn museum

11. Museum of moving image

12. Museum of Jewish Heritage

13. Museum of american finance at wallstreet

14. Immigration museum at Ellis Island

*******

Bismillah..

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *