Luray cavern terletak di kota Luray, VA, sekitar satu setengah jam dari Charlottesville. Gua penuh stalaktit/stalagmit ini ditemukan pada tahun 1878. Saintis memprediksi gua ini berusia sekitar 450 juta tahun. Air bercampur dengan CO2 di atmosfer membentuk asam dan kemudian melubangi lapisan kapur ditanah selama ratusan juta tahun.

Luray cavern merupakan gua yang paling banyak dikunjungi di Amerika karena didesain ramah untuk semua kelompok usia. Ada grand cavern yang lebih “natural” namun mensyaratkan batas usia minimum untuk memasukinya.

Sebagai seorang Oseanografer namun memiliki passion dibidang Geologi, istri saya sangat menikmati cavern ini. Berkali2 dia memuji kecantikan gua ini (pengin nangis katanya) sembari menerangkan proses pembentukan formasi gua ke Arya. Sewaktu berkunjung ke Natural history museum pun istri saya sangat menikmati bagian geologi dan laut.

Nature is beautiful. Natural science is beautiful. Saya tidak sampai menangis melihat gua ini. Terakhir kali saya menangis tahun 2017 ketika melihat gerhana matahari total di South Carolina. Eclipse nya sendiri sangat cantik. Dan bagaimana sains bisa memprediksi dengan precise kapan terjadinya gerhana juga sangat2 cantik.

Harus saya akui bahwa istri saya lebih bisa memantik antusiasme Arya ketika bercerita tentang Geology dan Marine dibanding ketika saya bercerita tentang Fisika. Tapi saya sudah legawa sekiranya anak saya nanti jadi marine geologist instead of physicist.

Oh ya, bonus dari berkunjung ke Luray cavern adalah museum car & carriage yang terletak di sebelahnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *